Galeri Video

[Video][bigposts]

Galeri Foto

[Gallery Foto][twocolumns]

Berita Haji Umrah

[Berita][twocolumns]

Makkah-Menjelang Tarwiyah-Arofah


Tarwiyyah (تروية)sendiri dalam bahasa Arab berasal dari Fi’il Rowa-yarwi (روى) yang berarti _(1). menceritakan, meriwayatkan, mengisahkan, menarasikan; (2). memancarkan, melewatkan, mengantarkan; (3). mengairi, memberi minum._
Dalam kitabnya “Al-Mughni”, Imam Ibnu Qudamah menjelaskan kenapa sebab dinamakan hari ke 8 Dzulhijjah itu dengan Hari Tarwiyyah. Setidaknya ada 2 alasan kenapa hari itu dinamakan hari tarwiyyah. (AL-Mughni 3/249)
Pertama: hari ke 8 itu para haji setelah berihrom, mereka menuju Mina untuk bermalam yang nanti keesokan harinya mereka menuju Arofah. Nah ketika di Mina itu para haji (seperti yang dikatakan Ibnu Qudamah) menyiapkan air sebagai bekal untuk berwukuf di Arofah esok! Menyiapkan air diistilahkan dengan Yatarowwauna (يتروون). Karena ini lah hari ke 8 itu dinamakan hari tarwiyyah. Karena kata Yatarowwauna (يتروون) itu mempunyai asal kata yang sama dengan Tarwiyyah.
Kedua: Di malam hari Tarwiyah itu Nabi Ibrahim as mendapatkan mimpi pertama kali dari Allah untuk menyembelih anaknya Nabi Ismail as. Ketika mendapat mimpi itu, diriwayatkan bahwa beliau as “bertanya-tanya” kepada dirinya apakah itu mimpi dari Allah atau dari syaithon? “bertanya-tanya” itu diistilahkan dengan bahasa “Yurowwi”_(يروي). dan itu sebab dinamakan hari itu sebagai hari tarwiyyah. dan ketika mimpi itu datang untuk kedua kalinya di malam hari Arofah, Nabi Ibrahim akhirnya yakin kalau itu khobar dari Allah swt. Dan yakin berarti adanya pengetahuan, pengetahuan dalam bahasa Arab disebut dengan kata *“Arofah"*(عرف) Karena itulah hari ke 9 dinamakan hari *Arofah* (عرفة).


Dikisahkan oleh _Imam Syamsudin Ad-Dimsiqi_juga bahwa Nabi Adam berhaji darj Hindi, pada saat panas yang luar biasa, kemudian ia mengadu kepada Jibril tentang hausnya. Maka bumi ditiup dan keluar air, kemudian Nabi Adam minum dan berkata kembali kepada jibril : Ya Jibril ROWAYTU (Aku telah mengambil air. Dan itu terjadi pada hari ke 8).
Dan dikatakan juga , karena pada saat itu manusia mulai _YATAROWWUNA (MENGANTARKAN)_ dirinya kepada Rahmat Allah, seperti yg dijelaskan oleh Imam Tirmizi dan Hakim dalam Asrorul Hajj.
Disunnahkan juga berpuasa pada mulai tgl 8 Dzulhijjah atau _puasa Tarwiyah_. Ibnu Abbas RA meriwayatkan, Bersabda Rosulullah SAW : Puasa dihari-hari pada 10 Dzulhijah, setiap harinya menghapus dosa-dosa 1 bulan, dan puasa Tarwiyah mengampuni dosa 1 tahun, dan puasa Arofah mengampuni dosa 2 tahun.
*Wassalam*
*Makkah-Menjelang Tarwiyah-Arofah*
Lutfi Rahman
www.saharakafila.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar