Galeri Video

[Video][bigposts]

Galeri Foto

[Gallery Foto][twocolumns]

Berita Haji Umrah

[Berita][twocolumns]

Hikmah dan Keutamaan Ibadah Umrah

Setiap perintah ibadah dalam Islam, bukanlah suatu yang tidak mempunyai nilai/makna apapun akan
tetapi ibadah-ibadah yang diperintahkan oleh Allah dan Rasul-Nya pasti memiliki keutamaan yang luar biasa dan hikmah yang dalam, begitu juga dengan ibadah umrah yang saat ini banyak dilakukan oleh kaum muslimin dari penjuru dunia.


a. Keutamaan melaksanakan Ibadah Umrah

1.  Umrah dapat menebus dosa-dosa diantaranya : 

Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah SAW telah bersabda: Umrah ke Umrah berikutnya adalah penebus dosa diantara keduanya, baji mabrur ganjarannya tiada lain kecuali surga". (HR. Bukhori dan Muslim)

2. Haji dan Umrah yang sempurna dapat menghapus kefakiran 

Dari Abdullah Ibnu Mas'ud berkata, Rasulullah SAW bersabda: Kerjakanlah secara sempurna Haji
dan Umrah, karena keduanya akan menghilangkan kefakiran dan dosa-dosa, sebagaimana ubupanubupan (Pembersih besi) menghilangkan kotoran besi, emas dan perak dan tidak ada balasan hajiyang mabrur kecuali surga. (Hr. Tirmizi-Hasan Shahih)

3. Dapat Melaksanakan Sholat di Dua Masjid Tanah Haram

Sholat di Masjidku ini (Masjid Nabawi) lebih utama 1000 kali dibanding sholat di masjid lainnya kecuali di Masjidil Haram, sedangkan sholat di Masjidil Haram lebih utama 100.000 kali dari Masjid lainnya. (HR. Ahmad dan Ibnu Majah)

b. Hikmah dan Keutamaan Thawaf

Hikmah thawaf di Baitullah, ketika seseorang melakukan thawaf mengelilingi Ka'bah ia naik ke suatu tingkatan dimana ia nampak seperti para malaikat muqorrobun yang mengitari 'Arsy sambil berthawaf di hadirat ; ketuhanan 'Maka Sembahlah Pemilik Rumah ini" (Quraisy3). Kemudian ketika menyentuh dan mencium Hajar Aswad, mengingatkan seseorang bahwa dirinya telah berjanji kepada Allah SWT untuk menaati-Nya sehingga ia bertekad untuk menepati janjinya tersebut, dalam riwayat disebutkan: Barangsiapa menyentuh Hajar Aswad berarti ia telah menjabat tangan al-Rahman. Mencium Hajar Aswad memiliki hikmah sebagai wujud kepatuhan kepada Allah dan Rasul-Nya. Umar lbnu Khottob menghampiri Hajar Aswad kemudian mencium seraja mengatakan: Sesungguhnya aku mengetahui bahwa engkau hanyalah batu, kamu tidak mampu memberi mudhorot maupun manfaat, sekiranya aku tidak melihat Rasulullah SAW mencium niscaya aku tidak akan menciummu (HR. Bukhori & Muslim 1234567)

1. Perbuatan yang paling dicintai Nabi SAW bila memasuki kota Makkah Ibnu Umar RA berkata: Perbuatan Yang Paling dicintai Rasulullah SAW ketika tiba di Makkah adalah Thawaf di Baitullah.

2. Pelebur dosa-dosa jabir Bin Abdullah RA berkata, Rasulullah SAW bersabda: Barangsiapa thawaf seminggu di Baitullah, sholat dua rakaat di belakang maqom Ibrahim dan minum air zam-zam, maka semua dosanya akan diampuni sebanyak apapun (HR. Abu Said al-Jundi)

3. Pahalanya sama dengan membebaskan seorang budak
Ibnu Umar RA berkata, aku pernah mendengar Rasulullah SAW bersabda: Barangsiapa thawaf di Baitullah dan sholat dua rakaat, maka bagaikan membebaskan seorang budak (HR. Ibnu Hibban)

c. Hikmah dan Keutamaan Sa'i
1. Bahwa manusia tidak pernah ditinggalkan oleh Tuhan, tetapi manusialah yang menjauhi Tuhan,
maka datangilah Ia dan ketuklah terus pintunya pasti Ia akan membuka pintu-Nya untukmu (Dan ia bersamamu kemanapun kamu berada)

2. Keberhasilan sebuah pekerjaan dapat diraih setelah didahului oleh usaha, Lihat bagaimana Siti Hajar berusaha sekuat tenaga untuk mencari air bagi putranya Nabi Ismail yang kehausan, setelah berlari dari bukit Shofa ke Marwa dan Marwa Ke Shofa sebanyak tujuh kali akhirnya Allah temukan hasilnya yang bernama Zam-zam

3. Pengorbanan seorang Ibu yang luar biasa dalam membesarkan dan mendidik anaknya. Dan Allah pun mengabadikan peristiwa ini dengan nama Sa'i sebuah ritual yang harus dilakukan oleh orang yang berhaji atau berumroh.

d. Hikmah dan Keutamaan Tahalul

Mendapatkan rahmat Allah SWT bagi yang mencukur seluruh rambut kepalanya, maka mendapatkan doa untuk dirahmati sebanyak 3 kali, sedangkan yang hanya mencukur rambut kepalanya sedikit saja mendapatkan doa Nabi untuk dirahmati sekali. "Dari Abdullah Bin Umar RA bahwa Rosulullah SAW bersabda: "Ya Allah, rahmatilah orang-orang yang mencukur (rambut kepala mereka) para sahabat berkata: Dan orang-orang yang memendekan juga ya Rosulullah? beliau berkata: Ya Allah rahmatilah orang-orang yang mencukur, mereka berkata lagi: Orang-orang yang memendekan juga ya Rosul? Beliau berkata lagi: Ya Allah rahmatilah orang-orang yang mencukur, mereka berkata lagi: Orang-orang yang memendekan juga ya Rosulullah? Beliau berkata: Dan juga orang-orang yang memendekan" (Muttafaq 'alaih)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar