Galeri Video

[Video][bigposts]

Galeri Foto

[Gallery Foto][twocolumns]

Berita Haji Umrah

[Berita][twocolumns]

Lantai Empat Masjidil Haram Siap Digunakan Jamaah Haji

Untuk sentuhan akhir pada persiapan menerima jutaan jamaah haji dari seluruh dunia, para pejabat Masjidil Haram menegaskan bahwa lantai empat akan siap digunakan. Direncanakan mataf akan siap sebelum pelaksanaan ibadah haji dimulai atau sekitar sebelum September.

"Kami telah meningkatkan kapasitas mataf di Masjidil Haram," Sultan Al-Qurashi, proyek manajer di Presidensi Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci, mengatakan kepada Al Arabiya dilansir dari OnIslam, Senin (24/8).

Ia menjelaskan bahwa pekerjaan tersebut merupakan tahap ketiga dari Proyek Perluasan Raja Abdullah Bin Abdulaziz. Jamaah Haji di musim haji tahun ini akan bisa menggunakan lantai empat untuk mengelilingi Ka'bah.

Saat ini pembangunan lantai tiga dengan luas 76 ribu meter persegi telah selesai. Dan saat ini proyek sedang melakukan pembangunan untuk langit-langit. Dengan renovasi baru ini, Masjidil Haram akan memiliki kapasitas hingga 114 ribu jamaah per jam untuk ditampung dalam Masjid. 

"Semua pekerjaan konstruksi di Masjidil Haram akan berhenti pada tanggal 9 September untuk memungkinkan jamaah untuk masuk Masjidil Haram dan melakukan ritual dengan nyaman. Pekerjaan akan dilanjutkan pada 14 Oktober untuk membangun tiga gerbang utama," kata Al-Qurashi.

Renovasi ini juga akan membantu para jamaah haji atau umroh yang menggunakan kursi roda. Sebabnya dibuat pula jalur landai yang bisa digunakan untuk pergerakan kursi roda.

Proyek pembangunan untuk jemaah haji dan umroh sebenarnya sudah dilakukan dari beberapa tahun terakhir, seperti tahun 2009 dibangunnya jembatan hi-tech untuk arus jamaah, serta perluasan padang Arafah. Pemerintahan Arab Saudi mengembangkan dan memperluas Makkah untuk membantu para jamaah melakukan ibadah haji dan umrah lebih mudah dan nyaman.

Sumber : http://www.republika.co.id/berita/jurnal-haji/berita-jurnal-haji/15/08/24/ntk5jh326-lantai-empat-masjidil-haram-siap-digunakan-jamaah-haji

Tidak ada komentar:

Posting Komentar