Galeri Video

[Video][bigposts]

Galeri Foto

[Gallery Foto][twocolumns]

Berita Haji Umrah

[Berita][twocolumns]

Jamaah Haji Diimbau Periksa Kesesuaian Paspor Sebelum Berangkat

Jamaah Sahara Kafila Wisata
Jamaah haji Indonesia yang belum berangkat diimbau untuk memeriksa kelengkapan dokumen terutama kesesuaian paspor dan visa, sebelum mereka berangkat.
"Kalau  bisa, ketika sampai di embarkasi dan mendapat paspor, jemaah segera mengecek dokumennya, sesuai atau tidak," kata Kepala Daerah Kerja (Daker) Mekkah, Panitia Penyelenggara Haji Indonesia (PPHI) Arsyad Hidayat, usai apel pagi di Mekkah, Arab Saudi, Minggu (23/8/2015).
Hal itu diucapkan Arsyad menyusul kejadian tertukarnya empat paspor dan visa jamaah di Makassar, Sulawesi Selatan. Untuk itu, Arsyad pun minta jemaah yang memiliki masalah segera menindaklanjuti agar bisa segera ditangani.
"Kalau tidak (sesuai) segera dilaporkan untuk diteruskan ke Jakarta agar dilakukan perubahan," ujar Arsyad.
Ia mengatakan, kasus tertukarnya dokumen jamaah pernah terjadi dan bisa diatasi dengan cepat. Dokumen yang tertukar langsung dikirim ke Jakarta dan ditunggu penyelesaiannya di kedutaan.
Setelah selesai, kata dia, dokumen langsung dibawa kembali ke Makassar. Setelah sampai diserahkan ke jamaah haji dan langsungtake off atau tinggal landas.
"Dokumen itu sangat penting. Pesan kami, dokumen itu harus dijaga dan diperiksa betul sebelum berangkat," ujar Arsyad.
Dia mengakui, mekanisme saat ini jamaah baru menerima paspor saat masuk embarkasi, sebelum keberangkatan. Bahkan ada juga yang baru menerima ketika ada di pesawat. "Ini jadi bahan koreksi buat kami," ucap Arsyad.
Dikatakan pula, selama di Arab Saudi, jamaah tidak akan memegang paspor mereka. "Turun dari pesawat, dokumen akan diambil Maktab Wukala. Setelah itu diserahkan ke pengemudi. Dari pengemudi kalau di Madinah diserahkan ke Muassasah Adilla," tuturnya.
Ketika jemaah akan berangkat dari Madinah ke Mekkah, dokumen diserahkan ke pengemudi. Sampai di Jumum (check point), dokumen diserahkan ke petugas Maktab.
Selama di Mekah, jemaah tidak pegang paspor, hanya dibekali kartu sobekan dokumen administrasi perjalananan haji (Dapih). "Itu satu-satunya dokumen jamaah," ucap Arsyad.
Jamaah akan kembali menerima paspor mereka ketika ada di bandara menjelang kembali ke Tanah Air.
Sumber : http://nasional.kompas.com/read/2015/08/24/02110051/.Jamaah.Haji.Diimbau.Periksa.Kesesuaian.Paspor.Sebelum.Berangkat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar