Galeri Video

[Video][bigposts]

Galeri Foto

[Gallery Foto][twocolumns]

Berita Haji Umrah

[Berita][twocolumns]

Calon haji berolahragalah agar tetap bugar


Ahli kesehatan menyarankan calon haji melakukan olahraga teratur sebelum berangkat melaksanakan ibadah haji, agar tubuh tetap bugar. 

"Persiapan yang perlu dilakukan di hari-hari ini (menjelang keberangkatan 20 Agustus 2015) adalah dengan melakukan olahraga teratur seperti jalan kaki sebanyak 3-4 kali per minggu," kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan Tjandra Yoga Aditama dalam keterangkan tertulisnya, Rabu.

Menurut Tjandra, olahraga penting dilakukan karena perjalanan haji mesti menempuh empat rute berjalan kaki yang relatif jauh, misalnya saat tawaf, sa'I, jalan dari penginapan ke masjid dan jalan dari perkemahan di Mina menuju lokasi melontar jumroh.

"Belum lagi kegiatan jalan kaki lain, misalnya ziarah atau mungkin saja berbelanja. Jadi harus dibiasakan berolahraga sejak sebelum berangkat, dapat juga dilakukan juga di siang hari dalam rangka mulai adaptasi dengan cuaca panas," kata dia.

Selain itu calon haji juga juga mempersiapkan hal lain seperti obat dan pengetahuan tentang menyewa kursi roda atau kemungkinan ikut safari wukuf dan lainnya.

Kemudian, calon jemaah juga perlu mempelajari fasilitas dan pelayanan kesehatan di Arab Saudi pada musim haji.

"Sebaiknya sejak kini para calon jemaah haji juga dapat mempelajari situasi kesehatan atau wabah penyakit yang mungkin muncul di musim haji kali ini," tutup Tjandra.

Sumber : http://www.antaranews.com/berita/512003/calon-haji-berolahragalah-agar-tetap-bugar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar